Website ini menggunakan Cookie untuk memastikan pengalaman terbaik anda di website kami. Baca Selengkapnya di halaman Privasi

Rangkaian Sensor Cahaya DC dengan LDR

Rangkaian Sensor Cahaya DC dengan LDR

Sensor cahaya ini pada dasarnya tugas Kelompok dari guru saya dan skema rangkaian ini juga berasal dari guru Saya di SMK Negeri 3 Mataram, dan sudah saya coba praktikan lewat Simulasi maupun real-nya dan It's Work. Berikut ini adalah rangkaian skematik dari sensor cahaya menggunakan LDR.

Komponen yang diperlukan

  • LDR x1
  • Transistor NPN tipe BD139 x2
  • Resistor 1K x2
  • Potensio 50k x1
  • Relay 9vdc x1
  • Pinhead x2
  • Terminal/Connector x2

Bagaimana ini bekerja?

Perhatikan dua gambar berikut (1=vcc, 0=ground).
  1. Kondisi LDR terkena cahaya (Terang) - Klik untuk memperbesar
  2. Kondisi LDR tidak terkena cahaya (Gelap) - Klik untuk memperbesar

Hal yang mungkin penting:

Pertama, Kita pahami dulu prinsip kerja dari LDR (light dependent resistance. Dasarnya LDR ini adalah sebuah resistor namun nilai tahanannya dapat berubah tergantung dengan kondisi cahaya. Ketika LDR terkena cahaya maka resistan/tahanan pada LDR akan mengecil dan sebaliknya ketika keadaan gelap resistan akan meningkat.

Kedua, Potensio berfungsi sebagai pengatur sensitivitas dari LDR.

Jadi cara kerjanya adalah ketika LDR dalam kondisi terkena cahaya (Terang) maka resistan LDR akan mengecil jadi arus akan melewati LDR tidak melewati R2 dan tidak mengaktifkan transistor Q(2), relay tidak mendapat ground jadi relay tidak aktif. Ketika LDR dalam kondisi cahaya redup (Gelap), maka resistan LDR akan meningkat, arus tidak melewati LDR melainkan melewati R2 lalu mengaktifkan transistor relay menjadi aktif karena mendapat ground dan menyaklar Lampu AC.

Download file Skematik - Eagle

Download(.sch)

Sekian, Jika ada kesalahan dalam artikel ini, silahkan langsung di koreksi lewat Kolom Komentar atau Halaman Kontak kami.
Reaksi:

Artikel ini bermanfaat? Yuk bagikan!

Artikel Terkait:

Next Post
Oldest Page
Disqus Comments